Ndobos Pol

Blog ini adalah terbitan berkala .... kala sempat
ruang buat saya ndobos, omong kosong
mudah-mudahan tidak terlalu menyiksa pembacanya.



Mbilung
laki-laki
senang ndobos
bekerja dan tinggal di tokyo

© foto diri miliknya David Armstrong


Sebagian pen-ndobosanku sebenarnya juga bisa dilihat/dibaca di blog Pecas Ndahe yang sejatinya dimiliki oleh seorang sahabat yang dengan sangat baik hati, tulus dan sabar telah bersedia mendengarkan -- dan lantas juga menuliskannya -- apa-apa yang tercetus, terutama disaat hatiku sedang sangat kacau -- karena balon hijau ku meletus sehingga balonku tinggal empat yang lantas kupegang erat-erat.

   

<< November 2006 >>
Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat
 01 02 03 04
05 06 07 08 09 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30

Seperti minum jamu godogan agar seger pol, secara teratur saya juga berkunjung ke:

Indonesia Top Blog

rank blog indonesia

Subscribe in Bloglines





rss feed



Friday, November 17, 2006
Kehicap boano

Seribu Intan nomer 6

Seperti halnya Celepuk siau, burung yang satu ini hanya hidup di sebuah pulau yang kecil sekali ukurannya, Pulau Boano yang terletak di lepas pantai Utara Pulau Seram bagian Barat. Hanya saja, jika Celepuk siau masih ada yang hendak mencarinya kembali, burung yang satu ini seolah terlupakan dan entah bagaimana nasibnya sekarang dan terakhir dilihat lebih dari satu dasawarsa yang lalu, pada bulan November 1994 di sebuah lembah di kaki Gunung Tahun.

Kehicap boano (Monarcha boanensis) ukurannya kecil saja, tak lebih dari sejengkal tangan orang dewasa. Bagian atas tubuhnya berwarna hitam, serta bagian bawahnya berwarna putih yang juga menjadi warna bulu-bulu ekor terluarnya yang sering dikembangkannya menyerupai kipas. Ada bercak putih pada jidatnya dan dagunya berwarna hitam yang lantas menjadi nama burung ini dalam Bahasa Inggris, Black-chinned Monarch.

Mereka mencari makan bersama-sama dengan kelompok burung lain di semak-semak atau di bagian bawah tajuk pohon. Sejauh yang diketahui burung ini hanya memakan serangga. Informasi mengenai musim burung ini kawin dan bertelur tak diketahui, hanya saja pernah ada seekor burung yang masih muda yang dilihat pada bulan Oktober. Hanya itu yang diketahui.

Entah bagaimana keadaan Pulau Boano sekarang. Saya ingat pada suatu saat dulu dalam perjalanan  dari Ambon menuju Wahai di pantai Utara Pulau Seram, kapal yang saya tumpangi itu melewati Pulau Boano, tidak singgah, hanya lewat saja. Itulah kali pertama saya menatap pulau tersebut dan hingga kini belum pernah saya menginjakan kaki di Pulau Boano. Foto-foto satelit terbaru memperlihatkan bagian Barat pulau yang relatif landai sedah kehilangan banyak hutannya. Perladangan tampak di sana-sini. Hutan masih bisa terlihat ada di pegunungan yang membentang dari bagian tengah pulau hingga ke bagian Barat. Tidak sepenuhnya utuh, di sana-sini bukaan hutan jelas terlihat.

Apakah burung ini di dunia hanya ada di Pulau Boano? Begitulah yang sejauh ini diketahui, hanya saja dua pulau yang sama kecilnya, Pulau Kelang dan Pulau Manipa yang terletak di sebelah Barat Pulau Boano tampaknya juga perlu dijelajahi untuk mencari apakah dua pulau tersebut juga didiami oleh burung ini. Nasibnya yang tak jelas, hidupnya di pulau yang kecil, tak terperhatikan, difotopun belum pernah, jumlahnya yang mungkin juga tak lagi banyak karena ada penyusutan yang terus menerus dari rumahnya, menyebabkan burung ini masuk ke dalam kategori keterancaman tertinggi, Kristis (Critically Endangered).

Apa ada dari sampeyan yang berminat mencari tahu bagaimana nasibnya burung hitam putih imut ini? Bersegeralah datang ke Pulau Boano dan pekerjaan rumah pertama yang harus dilakukan adalah mencari di peta letak pulau tersebut.

Gambar diambil dari sini.


Posted at 04:53 am by Sir Mbilung

vietkong
November 18, 2006   11:57 AM PST
 
nuwun sewu.. saya belum punya yatra ke pulau Bonao.. salam saja buat burung burung di sana kali sinuhun sobo ke sana lagi..
mpokb
November 17, 2006   08:17 PM PST
 
ada yg mau sponsorin ke sana nggak yak? jauh bener kayaknya.. jalan2 berat di ongkos euy..
='.'=
Rara
November 17, 2006   04:55 PM PST
 
Ntar kalo salah nemu pulo.. nemunya manuk emprit deh pakde... Pulo Boano?? sik2 tak takon Raul ngerti po ra :P
april
November 17, 2006   01:13 PM PST
 
gek pertama krungu pulau iku :|
 

Leave a Comment:

Name


Homepage (optional)


Comments




Previous Entry Home Next Entry